Biru's Notes

Biru Langit's Blog

Di dunia ini banyak nama-nama agama. Agama-agama itu ada untuk memberitahukan perintah-perintah TUHAN kepada manusia. Tapi, apa kita bisa memahami apa yang dimaksud dengan agama?

Agama ada untuk membuat dunia ini menjadi lebih indah untuk dijalani. Menjadikan dunia ini dipenuhi kasih sayang di antara manusia. Siapapun mereka. Entah dari agama A, agama B, partai A, partai C, ormas A, ormas D, dan sebagainya. Masing-masing dari kita harus memahami apa arti semua perbedaan ini.

Perbedaan yang ada bukan untuk dijadikan alasan untuk saling membenci, saling mendendam, saling membunuh satu sama lain, serta saling menghancurkan satu sama lain.

Kita tercipta untuk menjaga "perdamaian" dunia. Bukan untuk menelantarkan "perdamaian". Musuh kita sebenarnya bukanlah kompetitor-kompetitor dalam bidang kita masing-masing yang memiliki ideologi yang berbeda. Tapi, musuh kita hanya ada satu. Yaitu, "iblis/setan" yang ada pada diri kita sendiri.

Perbedaan adalah salah satu karunia-Nya yang sangat berharga bagi kita. Tanpa perbedaan kita takkan tahu betapa indahnya kebersamaan. Tanpa perbedaan kita takkan mengerti apa yang dimaksud dengan mengasihi orang yang berbeda dari kita.

Dimanapun kita berada, perbedaan akan selalu ada. Walaupun kita mencoba untuk menyeragamkan semua orang, tetap saja yang namanya manusia tak ada yang sama. Baik dari segi fisiknya, psikisnya, maupun pola hidupnya. Inilah kita. Makhluk yang penuh "perbedaan yang indah".

Oleh karena itu, teman-teman di seluruh dunia, aku ingin berpesan singkat kepada kalian. Ini pesanku :

"Jadikan perbedaan yang kita miliki sebagai salah satu sebab mengapa kita harus menjaga kerukunan yang akan berbuah satu kedamaian untuk dunia ini di antara kita".