Biru's Notes

Sejumput Permainan Rima dan Diksi


Jika ada yang bisa ku pilih untuk dapat ku mengerti, aku hanya ingin dapat mengerti kebahagiaan

Bukan kesedihan dan atau bentuk-bentuk hal lainnya...

Aku hanya ingin menjadi seorang egois yang, sekali lagi, hanya mengerti kesenangan dan tanpa kesengsaraan atau bahkan keragu-raguan yang kelabu dan samar

Jatidiri utopis dalam impian angan sebagian banyak orang awam 

Menembus batasan-batasan redam


Bercecer sudah segala bentuk penyesalan, kekesalan dan bahkan 'kesialan' itu

Aku sudah mencoba tuk lupakan hal-hal 'tak penting' yang tak semestinya teringat

Namun yang ada, sejauh yang dapat aku sadari, bahwa 'melupakan' bukanlah jalan tengah dalam pencarian solusi perburuan jatidiri yang sesungguhnya


Lautan kebijaksanaan bukanlah seonggok idea-idea fana penuh kepentingan politis semata

Ia adalah 'idea-idea murni' yang tak berpijak pada bumi

Melesat kemanapun tempat di alam semesta ini, bahkan kemungkinan besar semesta alam ini

Sebab ia adalah bahasa lintas-buana yang (hanya) dapat dipahami dengan ilham, sesuatu yang tidak dapat semata-mata dimiliki lewat pemahaman melalui rentet nalar berdeduksi tinggi. 

Ia hanyalah sesuatu yang sangat sederhana yang dapat dimengerti segala bangsa, segala usia, pun lewat segala bentuk keberagaman lain yang dapat diketahui manusia.

Ia hanyalah sesosok rapuh yang terkalahkan sifat-sifat fana-fanatik manusia


Terpaksa 'berlebur' dalam situasi lintas-kondisi 

Berperang melawan diksi 

Dan ber-akulturasi dalam multi-interpretasi


Aku sungguh-sungguh seorang utopis dalam kefanaan ini

Aku hanyalah penyerap ilmu 

Yang bersandar teguh,

Menggenggam dan bahkan mencengkeram erat, jika perlu, dengan geraham-gerahamku yang lemah ini


Satu-satunya perjanjian yang dapat kalian saksikan adalah

Bahwa inilah aku

Setelanjang-telanjangnya aku

Dalam lingkupan norma-norma, pun strata-strata yang sama-sama fana dengan jenaka jasmaniku,

Sama-sama fana dengan hasrat-hasratku


Kecuali jiwa murniku 

Yang kerap kali terkekang rasa keingintahuan serba-nir


Serba cukup dari segi kenalaran 'biasa'

Serba lebih dari segi kenal-luaran 'biasa'


Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Mutiara Band's Fan Box

Mutiara Band on Facebook
free counters

About this blog